Maltase Tiger merupakan harimau yg mempunyai kulit biru. Harimau biru ini banyak ditemui di China bagian selatan terutama di Propinsi Fujian, China. Tapi harimau ini diperkirakan juga hidup di Korea. Harimau Maltase ini digambarkan memiliki warna dasar kulit biru – abu-abu dan bagian bawah tubuhnya bewarna biru gelap dengan loreng-loreng seperti harimau lainnya.

Harimau ini dilaporkan dilihat pertama kali pada awal tahun 1900. Pada tahun 1910 seorang misionaris dan seorang pemburu harimau bernama Harry R. Caldwell bersama beberapa saksi mata menggambarkan bahwa harimau tersebut mempunyai nuansa kulit berwarna biru keabu-abuan. Semuala Harry akan menembak harimau tersebut. Tetapi karena terdapat 2 anak yg berada di delat harimau tersebut dia mencoba untuk mencari posisi yg lebih tepat, tapi sayangnya harimau tersebut telah menghilang. Kemudian Harry menulis pengalamannya tersebut dalam sebuah buku yg berjudul “Blue Tiger” pada tahun 1925 dan dia juga dan mencatat bahwa penampakan lainnya telah dilaporkan di wilayah ini.

Laporan tentang harimau ini dating dari seorang penulis buku bernama Dr Karl Shuker yg merupakan anak dari tentara US yg bertugas di Korea. Ayahnya dikatakannya telah melihat harimau biru di pegunungan dekat Zona Demiliterisasi. Harimau ini jg dilaporkan terlihat dari di Burma. Dan baru-baru ini muncul laporan bhwa harimau ini muncul di pegunungan di antara perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara, tempat habitat dari Harimau Amur.

Ada kemungkinan bahwa harimau biru ini adalah karena manifestasi dari gen Chinchilla yg disebut dengan “bayangan perak”. Harimau Amur ditemukan di timur laut China dan utara Korea Utara dan Siberia dan telah menghasilkan harimau putih. Harimau yg beasal dari China Selatan ini diduga sebagai “spesies akar”, dimana semua harimau-harimau lainnya merupakan hasil evolusi dari harimau tersebut. Jadi adalah mungkin bila mutasi gen Chinchilla yg terjadi pada harimau China Selatan menyebabkan sebuah metamorfosis yg menyebabkan kulit harimau tersebut berwarna biru.
Pada tahun 1964 seekor harimau biru telah dilahirkan di Kebun Binatang Oklahoma dari induk yg berjenis harimau Bengal. Tetapi anak harimau tersebut meninggal pada saat masih muda dan bayi harimau tersebut diawetkan sebagai specimen basah.

Advertisements